Welcome

Sarang Nicuap dibuka untuk umum. Apapun yang anda lakukan di sini tidak akan dipungut biaya apapun. Kecuali akses internet pastinya! Enjoy Reading!! :)

Senin

Menggapai RinduNya

Duhai Tuhan semesta alam..
Seseorang memberitahuku bahwa rindu adalah perasaan ingin kembali ke masa lalu..
Tetapi Engkau bukan hanya masa laluku..
Melainkan masa sekarang dan masa depanku...

Duhai Tuhan semesta alam..
Seseorang memberi tahuku bahwa rindu adalah perasaan ingin bertemu..
Tetapi Engkau bukan tak pernah menemuiku..
Melainkan tiap saat engkau menemuiku..

Lalu perasaan rindu apakah ini?

Ahh aku tahu...
Apakah ini karena aku yang tak pernah sadar dan berusaha..
Untuk menjadikan Engkau sebagai masa waktuku...
Untuk menemui Engkau disetiap saatku..

Baiklah Tuhan..
Aku akan mencoba tetap sadar dan berusaha..
MenjadikanMu sebagai masa waktuku..
MenemuiMu disetiap saatku..
Meski aku tahu kerinduan ini takkan pernah bisa sirna..

Kemana Perginya Minat Baca itu?

Hai readers budiman dan budiwoman..
Bagaimana long weekend kalian?
Pasti asyik ya.. Berkumpul dengan keluarga dan orang-orang tersayang, liburan, melakukan hal-hal yang menyenangkan, dsb.
Adakah yang seperti aku? Terjebak diantara setumpuk tugas di pojokan kamar kost yang sepi?
Hiks kedengerannya miris banget ya..

Tapi sebenernya enggak miris-miris amat kok. Soalnya aku menikmati proses ini. Aku mengerjakan tugas dengan ikhlas sambil  ngemil dan dengerin musik berfikir bahwa ini adalah perjuanganku untuk menggapai masa depan yang lebih baik. *tsaaaahhhh~

Selain itu aku nggak merasa miris karena ada 'makhlus halus' yang juga ikut menemaniku berjuang karena dia memang satu kapal denganku alias memiliki nasib yang sama. Dia adalah temen sekamarku, UPA. wkwkwk. Iya dia temen sekamar dan juga sekelasku. Bosen banget gak sih ketemu orang yang sama terus tiap hari? hihihi. Tapi aku gak bosen, soalnya berkat dia aku jadi bisa terhindar dari prasangka orang-orang yang ngirain aku gila karena aku suka nyanyi-nyanyi sendiri kayak orang stress di kamar. Mending suara bagus dan liriknya bener. hihihihi
Yah seenggaknya dengan adanya Upa, mereka bakal mikir aku gila gak sendirian. Hahahaha.

Permohonan Maaf untuk Bapak Profesor Marsigit

Hari ini adalah bagian dari busy-student-long-weekend-ku. Dari hari jumat sampai senin aku libur. Tapi bukan berarti aku bisa liburan. Karena dari hari Jumat hingga Minggu tadi aku dan teman sekamarku sama sekali tidak merasakan yang namanya liburan. Karena hari-hari libur kami benar-benar kami gunakan untuk menyelesaikan tugas kuliahku, salah satunya filsafat ilmu. Bayangkan saja 650an postingan filsafat harus kami komentari dalam satu semester. Sebenarnya bagiku sendiri filsafat adalah mata kuliah yang sangat menarik. Karena pembahasannya yang benar-benar membuka pikiran, mengubah mitos-mitos menjadi logos. Namun tetap saja membaca postingan bertema filsafat sebanyak itu dalam waktu singkat merupakan hal yang sangat-sangat berat. Karena aku tahu filsafat membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk memahaminya.

Jumat

Mama, what should I do?

 

Mama, what should I do?
Your little girl is never going to get married.
She is broken. Her heart is broken.

Mama, what should I do?
Your little girl is going to live alone for the rest of her life.
She is hurt. Her heart is hurt.

Mama, what should I do?
Your little girl is going to hate men. Every men.
She is dying. Her heart is dying.

- NQA -

Test of Three

Source from here

 Pada zaman Yunani kuno, saat Socrates masih hidup, ada gossip bahwa muridnya, Plato, berselingkuh dengan istrinya. Konon, gossip dan rumor ini tidak mendapatkan kejelasan sampai saat ini.

Suatu hari, ada seorang kenalan mendatangi Socrates dengan penuh semangat  dan berkata: "Socrates, tahukah engkau apa yang aku dengar tentang salah seorang muridmu?"
"Tunggu sebentar" sela Socrates. "Sebelum kau menceritakanku, aku punya ujian yang harus kau lewati.  Aku menyebutnya 'The Test of Three'".
"Test of three?" tanya temannya.

Senin

Refleksi Perkuliahan Filsafat Ilmu Pertemuan Kedelapan



Senin 31 Oktober 2016 adalah kali kedelapan saya dan kawan-kawan PM-B kuliah filsafat ilmu bertempat di ruang 1.13 Gedung Baru Pascasarjana pukul 15.30 - 17.10 WIB yang dihadiri oleh 22 mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Matematika kelas B dengan dosen pengampu Prof. Dr. Marsigit, MA. Berbeda dengan pertemuan-pertemuan sebelumnya, pada pertemuan kali ini beliau menyampaikan materi tentang sejarah filsafat dari awal sampai akhir zaman dengan metode ekpositori, beliau menulis di papan tulis kemudian menjelaskan maksud dari tulisan tersebut. Berikut penjelasan singkat tentang sejarah filsafat dari awal sampai akhir zaman.

Refleksi Perkuliahan Filsafat Ilmu Pertemuan Ketujuh

Senin 24 Oktober 2016 adalah kali ketujuh saya dan kawan-kawan PM-B kuliah filsafat ilmu. Seperti biasa Pak Marsigit mengawali perkuliahan dengan meminta mahasiswa untuk mengatur bangku duduk melingkari Bapak Marsigit. Kemudian kami menjalani tes jawab singkat keenam dengan tema Kenapa Filsafat sebanyak 50 soal.
Setelah menginput nilai, kemudian perkuliahan dilanjutkan dengan sesi menjawab pertanyaan yang sudah dikumpulkan.
Pertanyaan pertama dari Saudara Sumbaji: Bagaimana cara membangun diri yang benar?

Refleksi Perkuliahan Filsafat Ilmu Pertemuan Keenam


Senin 17 Oktober 2016 adalah kali keenam saya dan kawan-kawan PM-B kuliah filsafat ilmu. Seperti biasa Pak Marsigit mengawali perkuliahan dengan meminta mahasiswa untuk mengatur bangku duduk melingkari Bapak Marsigit. Kemudian kami menjalani tes jawab singkat kelima dengan tema Menembus Ruang dan Waktu 2 sebanyak 30 soal. Kali ini bukan lagi Nolisasi. Tetapi nilai saya tetep aja nilai jari. Hehehe.
Setelah menginput nilai, kemudian perkuliahan dilanjutkan dengan sesi menjawab pertanyaan yang sudah dikumpulkan.

Refleksi Perkuliahan Filsafat Ilmu Pertemuan Kelima



Senin 10 Oktober 2016 adalah kali kelima saya dan kawan-kawan PM-B kuliah filsafat ilmu. Seperti biasa Pak Marsigit mengawali perkuliahan dengan meminta siswa untuk mengatur bangku duduk melingkari Bapak Marsigit. Kemudian kami menjalani tes jawab singkat keempat dengan tema Menembus Ruang dan Waktu sebanyak 50 soal. Lagi-lagi ini Nolisasi. Tetapi alhamdulillah saya tidak dapet nol karena kebetulan aja saya tulis jawaban yang bener. Hehehe.
Karena banyak yang dapet nilai nol lagi Pak Marsigit pun menjelaskan kepada kami tujuannya mengadakan Nolisasi lagi.
“Apa sih nilai 0 itu? Apa sih nilai jelek? Nilai jelek itu suka-suka, terserah saya, terserah guru, terserah pemerintah. Mau dikasi nilai terserah saja suka-suka. Itulah hebatnya subyek. Obyek itu tempatnya tertuduh. Ingin aku peragakan di sini bagaimana semena-menanya subyek bisa menuduh obyek.” Jadi terkuak sudah filosofi dari nolisasi hari ini adalah bentuk peragaan subyek yang menuduh obyek secara semena-mena, dimana Pak Marsigit sebagai dosen adalah Subyek dan kami mahasiswa adalah obyeknya.

Refleksi Perkuliahan Filsafat Ilmu Pertemuan Keempat


Senin 3 Oktober 2016 adalah kali keempat saya dan kawan-kawan PM-B kuliah filsafat ilmu. Selesai menginput absen di komputer, Pak Marsigit menagih data pertanyaan-pertanyaan yang telah kami kumpulkan di ketua kelas kami, namun ketua kelas kami tidak membawanya. Kemudian Pak Marsigit menanyakan tema tes jawab singkat pertama dan kedua. Tes jawab singkat pertama tentang Hakikat Filsafat dan tes kedua tentang Ada dan Mungkin ada. 

Refleksi Perkuliahan Filsafat Ilmu Pertemuan Ketiga



Senin 26 September 2016 adalah kali ketiga saya dan kawan-kawan PM-B kuliah filsafat ilmu. Seperti biasa Pak Marsigit mengawali perkuliahan dengan meminta siswa untuk mengatur bangku duduk melingkari Bapak Marsigit. Kemudian kami menjalani tes jawab singkat kedua dengan tema Ada dan Mungkin Ada sebanyak 32 soal. Dan tebak saya dapat nilai berapa kali ini? NOL! Yak NOL. Dan bukan hanya saya, tapi SELURUH MAHASISWA PM-B dapet NOL di tes kedua ini. Kata Pak Marsigit ini adalah NOLISASI untuk kami dengan tujuan untuk meluruhkan kesombongan kami. Hiks. Setelah pemeriksaan dan penginputan nilai, perkuliahan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Refleksi Perkuliahan Filsafat Ilmu Pertemuan Kedua


Senin 19 September 2016 adalah kali kedua saya dan kawan-kawan PM-B kuliah filsafat ilmu. Seperti kemarin Pak Marsigit mengawali perkuliahan dengan meminta siswa untuk mengatur bangku duduk melingkari Bapak Marsigit. Namun kali ini kembali menghadap barat. Kemudian seperti sistem perkuliahan yang telah dijelaskan kemarin, kami menjalani tes jawab singkat pertama dengan tema Hakikat Filsafat sebanyak 33 soal. Nilai test kali ini saya hanya mendapatkan nilai 6 dari 99. Pertanyaannya memang terdengar mudah, tetapi jawabannya ternyata susah. Hehe. Setelah itu perkuliahan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.
Pertanyaan pertama diawali dengan pertanyaan Saudari Niswah (Saya): “Jika setiap tesis memiliki anti tesis, maka apa anti tesis dari tesis Tuhan itu ada?”

Kuliah Perdana S2: FIlsafat Ilmu.



Hari ini, Senin tanggal 5 September 2016 merupakan hari pertama perkuliahan saya sebagai mahasiswa pascasarjana S2 di UNY dengan mata kuliah perdana Filsafat Ilmu yang diampu  oleh Prof. Marsigit, M.A. Kuliah perdana ini kujalani dengan semagat menggebu-gebu untuk segera menyelesaikan studi ini. Tidak lagi seperti waktu S1 dulu, bersantai-santai dalam arus. Terbukti dengan kedatanganku yang terbilang pagi. Hehe.
Sembari menanti dosen, kami mengobrol. Saling kenal. Saling sapa. Walau masih sedikit malu-malu dengan menyebut mbak dan mas untuk orang baru.  Tak lupa saling berbagi pengetahuan tentang apa itu Filsafat Ilmu dan bagaimana alur perkuliahan pada mata kuliah ini.
Kemudian Bapak Dosen pun masuk ke kelas kami, dengan gayanya yang santai namun bersahaja, menyapa kami dengan logat jawanya yg kental. Ini benar PM B? Yang kami iyakan bersamaan. Kemudian beliau menyalakan komputer untuk mengisi absen. Lalu pindah duduk di belakang kelas dan menginstruksikan kami untuk duduk mengelilingi beliau. Beliau juga menyarankan kami untuk merekam perkuliahan menggunakan handphone.

Minggu

Jangan Menyimpan Bangkai

"Janganlah menyimpan bangkai dalam kehidupanmu. Karena itu hanya akan menjauhkan sesuatu yang baik dan membawa keburukan bagimu."
Bangkai disini berarti pikiran buruk, dendam, dengki, dan juga ingatan tentang hal buruk di masa lalu.
Karena membawa hal-hal diatas hanya akan membawa kita pada kemarahan, kekhawatiran, dan hal-hal buruk lainnya.
Seseorang pernah mengungkapkan padaku, alasan ia selalu mengingat hal-hal buruk di masa lalu untuk ia jadikan pelajaran dan memperingatkan pelakunya untuk tidak mengulangi sesuatu yg buruk itu lagi.
Aku setuju dengan tujuannya.
Tapi aku tidak setuju jika untuk mencapai tujuan itu, ia harus mengingat hal buruk itu terus dalam otaknya,  apalagi jika hal buruk itu orang lain yang mengalami/melakukannya.

Seumpama seorang pendosa yang telah atau ingin bertaubat, haruskah kita selalu mengingatkannya betapa buruk perbuatannya dulu?

Tentu setiap orang punya pikiran dan memori sendiri untuk mengingat hal yang pernah dialaminya masing-masing. Jadi tidak perlu kita ingatkan kembali dia tentang hal-hal buruk yang pernah dia lakukan. Kita bisa saja memperingatkannya tanpa harus membuka aibnya.

Aku yakin, orang-orang yang ingin berubah menjadi lebih baik, tahu dengan pasti kesalahan masa lalunya. Dan ia pasti sangat menyesalinya.
Karena itu, sudah sepantasnya kita membantunya, menyemangatinya, dengan energi-energi positif tentang masa depan, bukannya malah mengupas luka lamanya tentang aibnya di masa lalu.

Babak Baru

Assalamu'alaikum nicuapers!

Kali ni aku ngebognya bukan dari Lombok lagi. Karena sekarang aku sedang di Yogyakarta, tepatnya di daerah Kota Yogyakarta.
Aku ke sini bukan untuk jalan-jalan kok. Tapi menambah ilmu dan memperbaiki diri. Pasti pada heran yak, kok memperbaiki diri di Yogyakarta, di daerah Kotanya lagi. Kan Yogyakarta terkenal banget sama pergaulan bebasnya. Ups, maaf buat yang merasa tersinggung. Tapi beneran loh, semua orang yang aku kenal memang beranggapan Yogyakarta itu bebas.
Sepertinya ini efek negatif dari ramahnya kota Jogja. Karena menurutku, Jogja itu daerah teramah untuk para pendatang. Dari segi transportasinya yang lengkap, orang-orangnya yang ramah, akomodasi yang mudah, makanannya yang murah, dan sebagainya.
Sayangnya banyak orang yang menyalahgunakan kemudahan-kemudahan itu.

Senin

Tips Liburan Lebaran di Lombok

Hello readers!

Berhubung bentar lagi lebaran dan liburannya lumayan panjang kalian pasti gak mau melewatkan kesempatan bagus ini cuma buat tidur nangis-nangisin mantan kan? Oh come on... gak banget deh lo kalo ngegalau-galau gitu. Plis deh sekarang aplikasi kamera udah canggih-canggih bener. Jerawat yang kalo dulu harus ditungguin n disabunin berhari-hari, dalam sekejap bisa hilang dengan kamera. Pipi lo yg mencuat kemana-mana sekarang tanpa oplas udah bisa triiiing langsung tirus. Jadi jangan lah sia-siakan teknologi di tangan lo itu.
Wake up sunshine! Pake baju terbaik lo, cari view yang paling keren, and cekreeeek. Upload foto terkece lo biar si Dia nyesel buat lo nangis. *eh malah jadi curhat gini* wkwk

Oke langsung aja.

Buat yang mau ngisi liburannya dengan mengunjungi serpihan-serpihan surga yang jatuh ke Bumi alias Lombok, sebagai orang aseli sini, aku mau kasih sedikit saran yang kali aja berguna buat kalian semua saat berada di pulau indah ini.

Sabtu

Hallo Assalamu'alaikum!!!

Hai nicuapz readers semua..
Ya ampuunn udah lama banget gak update blog ini.
List tulisanku untuk tahun 2016 belum ada sama sekali di blog ini.
Padahal aku sebenernya gak vakum-vakum amat kok dari dunia tulis menulis.
Soalnya tiap hari adaaa aja sesuatu yang membutuhkan tulisan gue di kantor. Belum lagi kalau galau lagi bertamu..ughhh pasti puitis lebayku suka kumat. hehe.
Cuma aku sekarang suka kebanyakan mikir kalo mau posting to public. Yang ujung-ujungnya malah gak jadi di posting atau aku posting tapi set privacy-nya "only me". Sama wae itu mah. wkwkwkwk

Ohya aku mau cerita, semenjak tanggal 18  Januari 2016 kemarin aku resmi memasuki dunia kerja. Berbekal ijazah S1-ku aku masuk ke sebuah Perusahaan Investor Asing Singapura. Eh aku belum pernah cerita yaa kalau aku sudah wisuda? Ahhhhhh.. sudah terlalu kadaluarsa untuk membahasnya di sini. Eh tapi boleh deh kapan2 aku bahas mengenai pengalaman wisudaku yang numpuk itu. Hahaha
Sekarang, di postingan ini aku mau muqoddimah dulu lah buat postingan pertama di tahun 2016 ini. Hahaha.

Banyak hal seru yang InsyaAllah aku mau tulisin mulai sekarang.
Entah itu ada yang bakal baca atau gak, suka atau gak, aku gak peduli.
Karena, terapi yang paling indah untuk hati selain beribadah adalah menulis dan membaca. :)
 #tsaaaaahh~

Okelah sekian dulu postingan muqoddimahku untuk tahun 2016 ini.
Sore ini aku ada jadwal buka bersama bareng temen2 alay yang unyu2. Aku harus cepat pulang dan bersiap.
See you in next post, cuapers! :*