Welcome

Sarang Nicuap dibuka untuk umum. Apapun yang anda lakukan di sini tidak akan dipungut biaya apapun. Kecuali akses internet pastinya! Enjoy Reading!! :)

Tips Liburan Lebaran di Lombok

Hello readers!

Berhubung bentar lagi lebaran dan liburannya lumayan panjang kalian pasti gak mau melewatkan kesempatan bagus ini cuma buat tidur nangis-nangisin mantan kan? Oh come on... gak banget deh lo kalo ngegalau-galau gitu. Plis deh sekarang aplikasi kamera udah canggih-canggih bener. Jerawat yang kalo dulu harus ditungguin n disabunin berhari-hari, dalam sekejap bisa hilang dengan kamera. Pipi lo yg mencuat kemana-mana sekarang tanpa oplas udah bisa triiiing langsung tirus. Jadi jangan lah sia-siakan teknologi di tangan lo itu.
Wake up sunshine! Pake baju terbaik lo, cari view yang paling keren, and cekreeeek. Upload foto terkece lo biar si Dia nyesel buat lo nangis. *eh malah jadi curhat gini* wkwk

Oke langsung aja.

Buat yang mau ngisi liburannya dengan mengunjungi serpihan-serpihan surga yang jatuh ke Bumi alias Lombok, sebagai orang aseli sini, aku mau kasih sedikit saran yang kali aja berguna buat kalian semua saat berada di pulau indah ini.



Kalau kalian datang ke Pulau Lombok saat high season gini, kalian  harus booking tempat penginapan dari jauh-jauh hari. Soalnya ya namanya high season, wisatawan dari berbagai arah mata angin pada datang ke sini, dan ini pastinya bakal bikin harga penginapan, transportasi, makanan, minuman, parkir, bahkan harga masuk toilet pun bakal melonjak.

Nah buat kalian yang budgetnya sudah ada jatah alias pas-pasan, atau kalian yang budgetnya ada tapi pengen ngirit, coba senyum dulu yang manis biar aku kasih trik-triknya. :D

Sudah senyumnya?

Yang ikhlas dong..

Nah gitu dong.. wkwkwk


First, masalah penginapan.
Untuk kalian yang masih bingung mau nginep dimana dan gak punya temen orang Lombok yang bisa ditumpangin (?) rumahnya, kalian pasti udah nyoba2 searching dengan masukin kata kunci "Penginapan Murah di Lombok".
Nah sedikit saran buat kalian yang bener-bener mau hemat budget,

Untuk yang tujuannya mau explore Lombok Barat sampai Lombok Utara, dari Senggigi sampai Gili Trawangan, kalian bisa cari penginapan di sekitar Senggigi. Karena di sana banyak penginapan-penginapan murah berkualitas dan fasilitas untuk para wisatawan juga lengkap. Dan salah satu penginapan yang aku rekomendasiin adalah Sonya Homestay. Untuk tau lokasinya dimana dkalian bisa searching di Google Maps langsung.
Kenapa aku rekomin di Sonya Homestay? Pertama karena costnya murah. Cuma 100 ribuan aja permalam untuk dua orang. Terus ownernya juga ramah dan baik. Lokasinya yang di pusat Senggigi dan di pinggir jalan memudahkan kalian buat jalan kemana aja. Kamarnya yang bersih dan fasilitasnya yang masih working well. Ada wifinya juga. Dan enaknya ada penyewaan motor/mobil juga di sini. Jadi kalian gak perlu pusing mau nyewa motor dimana. Tinggal tanya aja sama ownernya.

Eh tapi ini sih cuma pendapatku aja yaa berdasarkan hasil observasi dan pengalaman temen2 yang aku rekomin buat nginep di sini. Jadi jangan berpikiran wuaah loh yaa. Yahh intinya penginapan ini bagus lah untuk harga semurah itu. Dan walaupun murah gini, banyak loh turis mancanegara yang nginep di sini juga (Mungkin mereka juga tukang ngirit kayak kita kali yak :D). Kalo mau nyari yang lebih bagus yaa masih banyak kok yang lain, tapi siap-siap keluarin duit lebih sih :D

Kenapa aku rekomin di sini? Apa aku temenan sama yang punya? Apa aku dapet persenan dari promoin penginapan mereka? NOPE. Aku cuma pengen ngasih pendapat aja.
Soalnya menurut pengetahuanku sejauh ini, cuma penginapan ini yang paling murah dan lokasinya strategis banget. Dari Mataram cuma 20an menit dan dari Pelabuhan Bangsal Gili Trawangan cuma 30an menit. Dari pantai Senggigi apalagi, deket banget!
 

Untuk kalian yang mau explore Lombok Tengah bagian selatan sampai Lombok Timur bagian selatan, dari Pantai Selong Belanak sampai Pantai Pink, kalian bisa cari penginapan di Lombok Tengah, deket-deket Kuta. Alasanku saranin di sekitar sana karena di sanalah pusat Pariwisata, jadi fasilitas buat wisatawan juga lengkap. Kalo di Lombok Timur bagian selatan, hotelnya mahalnya juta-jutaa. -_- Gak cocok banget buat yang mau ngirit.
Dan penginapan yang aku rekomin untuk kalian namanya Penginapan Casa D'Rico. Lokasinya persis depan Tulisan KUTA LOMBOK, disamping ATM BNI. Penginapannya berada persis di belakang Warung Makan Murah Meriah karena satu owner. Ownernya namanya Mas Rico. Orangnya ramah, baik hati dan juga jomblo (Yang ini ngarang ding, aku gak tau statusnya apaan. Tanya aja yaa ntar kalo ketemu :p).
Alasan aku ngerekomin di Casa D'Rico hampir-hampir mirip sama alasan aku ngerekomin Sonya Homestay. Costnya yang murah berkisar antara 150ribu-250ribuan permalam untuk 2 orang. Fasilitasnya yang oke. Bersih, aman, nyaman, free wifi, banyak bule. Lokasinya yang strategis banget ini juga jadi kelebihan sendiri. Selain itu, sama seperti di Sonya, di sini juga disediakan penyewaan motor dan mobil. Jadi gampang kalau mau kemana-mana.

Nah aku rekomin ini juga bener-bener berdasarkan  pengetahuan dan pengalamanku yaah guys. Tidak ada persenan yang masuk ke kantongku. :D

Untuk kalian yang mau explore daerah selain yang dua tadi, aku saranin untuk cari penginapan di Mataram aja yaa.. Soalnya rada sulit nyari penginapan murah selain di dua pusat wisata tadi dan di Mataram.

Nah kalo di Mataram, banyak banget hotel murahnya. Kalian bisa searching aja di Google. Kalo untuk rekomendasi, aku juga belum banyak observasi nih. Nanti kalau sudah, aku update lagi deh. ;)



Second, masalah Transportasi.
Sedihnya di Lombok, transportasi umum sangat-sangat minim dan kurang diminati. Dulu waktu jama aku SMP masih banyak Bemo (Kalo di Jakarta Angkot) berkeliaran. Sekarang, langka banget liat Bemo. Gara-gara mudahnya kredit motor, jadi masyarakat lebih memilih untuk kredit motor daripada naik angkutan umum. Ini juga yang menyebabkan sering terjadi kemacetan di beberapa waktu tertentu. Angkutan umum lain yang lintas kebupaten di Lombok, ada Engkel (sejenis angkot tapi lebih ekstrim), Bus (sejenis kopaja), dan Taksi. Karena terakhir kali aku naik Engkel atau bus yang lintas Kabupaten di Lombok ini waktu umur aku 5 atau 6 Tahun, jadi aku gak bisa ngasih info apa-apa untuk kalian tentang 2 transportasi itu. Kalo naik taksi, mahal pastinya kan.

Jadi aku cuma bisa saranin kalian untuk sewa motor atau mobil. Sewa motor sekarang berkisar 60-70ribu perhari. Kalau sewa mobil antara 300ribu-500ribuan. Tapi buat kalian yang suka ngirit dan datang ke sini dengan teman kurang dari 5 orang, aku saranin buat sewa motor aja. Selain lebih irit, juga lebih bebas ke sana kemari buat ngeexplorenya. Secara di Lombok ini, jalanan buat menuju tempat-tempat keren yang antimainstream memang rada sulit di jangkau dengan mobil. Kecuali kalian mahir banget nyetirnya atau mau sewa supir sekalian.


Nah untuk sewa motor, aku punya trik khusus. Buat kalian yang pengen dapat sewa motor murah, kalian bisa coba PDKT sama anak Lombok. Maksud aku PDKTnya buat temenan aja dulu. Soalnya anak Lombok rata-rata trasnportasi hariannya pake motor. Apalagi anak kostan, gamers, yang lagi bokek. Wah demen banget tuh mereka lo sewain motornya. Daripada motor cuma diem dan gak menghasilkan apa-apa, mereka bakal dengan senang hati menyewakannya ke elo. Tapi jangan dibawa kabur loh ya motor orang. DOSAnya besar tau nyuri! Yah yang penting lo bisa bertanggung jawab aja sama motor orang yang lo bawa. :)


Third, masalah Makanan.
Untuk tempat-tempat wisata yang ramai dan ga terlalu jauh dari pusat kegiatan masyarakat, seperti Senggigi, Kuta, Gili Trawangan, tentunya gak sulit buat nyari tempat makan. Lain ceritanya kalo kamu ke tempat-tempat yang berada di pedalaman seperti TWA Gunung Tunak, Pantai Pink, Tanjung Ringgit, Tanjung Bloam, Pantai Sungkun, aduh di sana jangan harep deh nemu Restoran. Yang jualan cemilan-cemilan, makanan kecil atau minuman ada sih. Tapi yaa harganya naik dikit lah. Soalnya selain karena tempat wisata, ngedistribusiinnya juga jauh vroh, cavek.

Terus gimana dong caranya. Kalo aku biasa kalo tujuannya  memang buat explore alam, aku bakal bawa bekal dari rumah. Kalo gak sempat masak atau malas masak, aku belanja beli nasi bungkus dulu atau beli cemilan di swalayan. Lumayan kan selain banyak pilihannya, juga harganya standar. :D

Yah aku sih mikirnya, kalo emang tujuannya buat wisata alam, yaa fokusnya ke alamnya. Makanan atau minuman itu sebagai kebutuhan aja. Kecuali kalo mau wisata kuliner, baru deh cari yang lokasinya khusus untuk wisata kuliner itu. Kan lucu kalo lo ngarepin pengen makan sate bulayak, pelecing atau ayam taliwang di atas Gunung Tunak atau di atas tebing bebatuan Pantai Semeti. wkwkwk.


Nah kalo lo mau wisata kuliner khas Lombok biasanya ada di Rumah-Rumah Makan Ayam Taliwang atau restoran-restoran lainnya.

Kalo lo pengen ngerasain suasana Dinner Romantis dengan budget pas-pasan, gue rekomendasiin elo buat ke Restoran Rembulan di Batu Layar. Di sana lo bisa pesen menu paketan dengan harga paling murah Rp 80.000 buat porsi dua orang. Makannya bisa dipinggir pantai diterangi cahaya obor atau di dalam restaurannya. Dan lebih asiknya di sini gak dikenain pajak lho. Lokasinya lo bisa seraching aja yaa di Google, masukin keyword Rembulan Restaurant Lombok.


Nah itu dia point-point liburan yang paling penting.
Kalo kalian datengnya pas Libur Lebaran, aku jamin, bahkan di tempat wisata yang jarang sekali ada wisatawan datang, pada saat libur lebaran, bakal jadi rameeee banget.
So saran aku buat kalian yang mau ke Lombok pas libur lebaran, hati-hati dan keep clean yaa :)

Sebenernya banyak hal yang mau aku bahas di sini. Tapi ini udah waktunya pulang kantor. So waktunya aku buat disconnect wifi dan pulang. :)
Nanti di lain post aku bakal bahas lebih banyak lagi.
Ohya untuk yang mau tanya-tanya atau butuh kontak owner penginapan yang au sebutin di atas tadi, silahkan kontak aku aja yaa via message di facebook Nizwa Ayuni.
See you in next post, cuapers! :*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar anda. :)