Welcome

Sarang Nicuap dibuka untuk umum. Apapun yang anda lakukan di sini tidak akan dipungut biaya apapun. Kecuali akses internet pastinya! Enjoy Reading!! :)

Jumat

APEL

 malem ini ada temenku dari teknik pangan nanya-nanya tentang tugasnya. jadi dia tuh disuru bikin artikel apaaa gituhh..dan dia ngambil tema tentang apel. Apel di sini sudah pasti bermakna buah, buah yang ini neeehhh


bukan merk gadget yang sedang ngetren berlmabang apel digigit *ntahh itu gigitan siapa*







dan berhubung akhir-akhir ini si mama suka beli apel karena katanya banyak manfaatnya, jadi aku penasaran juga tentang buah cantik ini. *cantik?? ganteng kaleeee* #emang punya gender? yahh menurutku aku sih apel itu jenis kelaminnya perempuan..soalnya warna dan bentuknya lebih kecewekan..liat aja gambar unyyyuuhh apel ini

apel unyuhh 



dan hasil risetku selama dua jam di dunia maya adalah bahwa apel itu banyak sekali kandungan dan manfaatnya, terutama buat kaum hawa! yyyuuukk cekidot!!

# kandungan apel:

1. Kaya vitamin


Buah apel kaya akan kandungan vitamin. Beberapa vitamin yang terdapat dalam buah apel misalnya vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, vitamin C.

2. Kaya mineral

Buah apel mengandung banyak mineral. Mineral dalam buah apel antara lain kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan zinc.

3. Fitokimia

Buah apel juga mengandung fitokimia. Fitokimia merupakan antioksidan untuk melawan radikal bebas yang berasal dari polusi atau lingkungan sekitar. Zat ini juga berfungsi untuk menekan jumlah kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

4. Kaya Serat

Apel kaya akan serat, sehingga baik untuk orang yang sedang dalam program diet. Hal ini disebabkan karena serat yang tinggi sehingga mencegah lapar datang lebih cepat.

5. Serat untuk mengurangi lemak dan kolesterol

Buah apel mengandung serat yang berguna mengikat lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh untuk selanjutnya dibuang.

6. Tanin

Buah apel juga memiliki kandungan tanin. Tanin adalah zat yang berfungsi membersihkan dan menyegarkan mulut, sehingga dapat mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi.

7. Baron

Di dalam buah apel terdapat baron. Apakah baron itu? Baron berfungsi mempertahankan jumlah estrogen dalam tubuh seorang wanita.

8. Flavoid

Salah satu kandungan buah apel yang baik untuk menjegah penyakit adalah flavoid. Flavoid merupakan zat yang berfungsi menurunkan risiko kanker. 

9. Asam D-glucaric

Apakah Asam D-glucaric itu? Asam D-glucaric merupakan zat yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Asam D-glucaric juga terdapat di dalam buah apel.

10. Quercetin

Quercetin merupakan zat yang dibutuhkan untuk meningkatkan kadar antioksidan sehingga tubuh terasa lebih sehat dan mencegah berbagai penyakit. Buah apel mengandung zat quercetin.

11. Asam tartar

Di dalam sebuah apel juga terdapat asam tartar. Asam tartar yang dapat menyehatkan saluran pencernaan, karena zat ini mampu membunuh bakteri yang ada dalam saluran pencernaan.

 # manfaat apel: 

1. Menurunkan kadar kolesterol.
Apel dikenal mengandung fitokimia, zat antioksidan yang efektif melawan kolesterol jahat (LDL). Life Sciene tahun 1999 menulis, selain menurunkan kadar kolesterol jahat, juga meningkatkan kolesterol baik (HDL). Kandungan Pektin dan Asam D-glucaric dalam apel berjasa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. *wehhh bagus banget niihhhh*
2. Mencegah kanker dan menyehatkan paru-paru.
National Cancer Institue di AS melaporkan, zat flovanoid apel terbukti dapat menurunkan resiko kanker paru-paru sampi 50%. Penelitian dari Cornell University di AS juga menemukan bahwa zat fitokimia dalam kulit apel menghambat pertumbuhan kanker usus sebesar 43%. *noohh bagi yang punya laki suka ngerokok ato bagi yang sering terjebak dalam kawasan merokok, lumayaann buat nyehatin paru-paru yang terkontaminasi*
3. Mencegah penyakit jantung dan stroke.
British Medical Journal (1996) mencatat, apel terbukti mencegah serangan stroke. Publikasi penelitian di Finlandia (1996) menunjukkan, orang berpola makan kaya flavonoid mengalami insiden penyakit jantung lebih rendah. *mencegah lebih baik daripada mengobati*
4. Menurunkan berat badan.
Sebagai sumber serat yang baik, apel baik untuk pencernaan dan membantu menurunkan berat badan. Apel merupakan camilan yang sangat baik untuk orang yang sedang menurunkan berat badan karena kadar seratnya yang tinggi, sehingga mencegah rasa lapar datang lebih cepat. *yang ini kedengarannyaa indah banget buat wanita yang diberikan 'rejeki' berlebih*
5. Menjaga kesehatan gigi.
Apel juga mengandung Tanin, zat yang bermanfaat mencegah kerusakan gigi periodontal. Penyakit gusi ini disebabkan saling menempelnya bakteri pembentuk plak gigi. Itu menurut Journal of American Dental Association (1998). *siipp biar manis tapi menyehatkan gigi!*
6. Menjaga kecantikan perempuan.
Kandungan Boron dalam apel terbukti membantu wanita mempertahankan kadar hormon estrogen saat menopause. Mempertahankan estrogen berarti mengurangi gangguan yang disebabkan oleh tidak keseimbangan hormon di kala menopause, misalnya semburan panas, nyeri, depresi, penyakit jantung, dan osteoporosis.  *nahh ga perlu sering2 ke salon dehh, cukup ke pasar aja beli apel* XD
7. Melindungi tubuh dari virus flu
Konowalchuck pada tahun 1978 mempublikasikan mengenai efek anti virus dalam minuman sari buah apel. Menurutnya, sari buah apel sangat baik untuk melawan serangan infeksi virus karena stamina dan kekebalan tubuh meningkat berkat konsumsi sari apel tersebut. *iihh saya banget ini mahh*
8. Mencegah bayi cacat pada waktu proses kelahiran
Kandungan Folic Acid atau dikenal sebagai B Complex adalah sumber utama dari buah apel ternyata dapat mencegah bayi cacat pada waktu dilahirkan. *ayoo bagi ibu hamil*
9. Mencegah kepikunan
Manfaat dari buah apel lainnya adalah untuk mencegah kepikunan atau penyakit pikun, karena buah apel banyak mengandung vitamin dan antioksidan. *wellehhh aku juga sering pikun2an niihh*


okeehh, setelah ini langsung ke pasar, ke supermarket, ke giant, ke dagang buah, ke mana aja boleh yang penting beli apel. Kalo ada yang ga tahu dimana dagang apel coba tanyain sama pos satpam terdekat!! XD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar anda. :)